ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK

ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK

Sutoyo (2019) ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK. Research Journal, STIE ARTHA BODHI ISWARA SURABAYA.

  • ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK. Downloads
  • Peer_Review KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK. Downloads
  • PSmarkup_KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG GRESIK. Downloads

ABSTRACT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Jamsostek (Persero) Cab. Gresik.Dalam penelitian deskriptif ini peneliti bukan saja memberikan gambaran terhadap fenomena-fenomena, tetapi juga menerangkan hubungan, menguji hipotesis-hipotesis, membuat prediksi serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta aktif yang ada di PT. Jamsostek (Persero) Cabang Gresik sejumlah 115.470 orang, dan yang datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan dalam satu minggu rata-rata adalah 600 peserta. Peserta yang datang ke kantor inilah yang menjadi populasi penelitian ini. Peneliti mengambil 100 (seratus) responden yang menjadi peserta PT. Jamsostek (Persero) Cabang Gresik. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan uji regresi linier berganda. Prasarat uji tersebut data harus valid dan reliabel dan juga terbebas dari asumsi klasik, artinya data harus diju asumsi klasik. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh bahwa bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan layanan.
Kata kunci:  kualitas layanan, kepuasan konsumen